Tips Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Interactive English Learning Center (IELC)
 

Ada beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Diantaranya adalah sebagai berikut:
 
Berlatih berbicara
 
Satu-satunya cara untuk menguasai suatu bahasa adalah dengan melatihnya, dan anda harus menggunakan bahasa Inggris jika memungkinkan. Anda tidak dapat belajar mengemudi tanpa terlebih dahulu berada di belakang kemudi. Demikian pula, anda tidak dapat belajar bahasa Inggris tanpa berbicara dan mempraktikkannya.
 
Tulis sebanyak yang anda bisa
 
Anda dapat menulis tentang aktivitas sehari-hari, cerita pendek, mengungkapkan pikiran dan imajinasi anda dalam kata-kata, atau bahkan lirik lagu. Anda bahkan dapat menyalin paragraf dari buku atau majalah. Ini akan membantu anda meningkatkan keterampilan menulis, kecepatan, dan tulisan tangan anda.
 
Baca dengan keras
 
Saat membaca dengan suara keras, pastikan anda mengucapkan kata-kata dan membaca dengan suara keras sehingga anda mendengarkan diri sendiri. Ini akan membantu anda meningkatkan pengucapan anda selama percakapan. anda bisa memulainya dengan membacakan novel atau komik anak. Ini akan membantu anda memahami bahasa Inggris dalam konteks yang lebih mudah dan lebih mudah dipahami.
 
Gunakan kamus
 
Pada awalnya, anda mungkin kesulitan memahami kata-kata saat membaca buku atau mendengarkan podcast dan lagu. Selalu siapkan kamus yang andal. Cari kata dan pahami artinya, sinonim, dan antonimnya. Dengan cara ini, anda dapat menggunakan kata-kata saat dibutuhkan dan memperluas kosa kata anda.
 
Manfaatkan teknologi
 
Internet dipenuhi dengan bahan pelajaran dan sumber daya dari situs pendidikan terkenal. Anda hanya dengan sekali klik untuk belajar dan mendapatkan semua pengetahuan. Tonton film berbahasa Inggris, dengarkan karakter berbicara, baca e-book, lirik, dan artikel untuk meningkatkan kemampuan bahasa anda. Dengan rutinitas yang konstan, anda akan mengekspresikan diri anda dalam bahasa Inggris dengan mudah.
 
Menonton film
 
Menonton film dengan subtitle dalam bahasa Inggris adalah pilihan yang bagus. Pilih acara TV favorit anda dan tonton ulang dalam bahasa Inggris! Gunakan internet untuk mencari topik yang anda minati, seperti hobi atau topik yang terkait dengan perdagangan atau pekerjaan anda. Lebih mudah dipahami saat anda menonton atau membaca sesuatu yang anda kenal.
 
Menjaga konsistensi dan akuntabilitas
 
Ini lebih merupakan saran penetapan tujuan daripada saran pembelajaran bahasa Inggris. Walaupun misalnya anda hanya dapat memanfaatkan waktu anda 15 menit per hari untuk belajar bahasa Inggris, tetapi anda melakukannya setiap hari, anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada jika anda mencoba belajar selama tiga jam dalam sekali duduk.
 
Kategori: